Tips Merawat Gitar Bass agar Awet

 Tips Merawat Gitar Bass agar Awet

ilustrasi Player Gitar Bass/ vncom/inimusik/pixabay

Jika kalian merasa gitar bass yang kalian punya cepat rusak atau tidak awet, tunggu dulu. Mungkin ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dari sisi pemeliharaannya. Kali ini kita akan memberikan tips bagaimana cara merawat gitar bass agar tetap awet dan panjang umur.

Baca Juga:  Eminem Patahkan Rekor Sendiri Lewat Lagu Godzilla

Bersihkan Secara Teratur

Ini adalah hal terpenting sebab banyak yang kita temui setelah bermain, biasanya player akan langsung menaruh begitu saja gitar bassnya. Ini sebenarnya tindakan yang kurang baik.

Setelah selesai bermain, bersihkan langsung gitar kalian untuk menghilangkan keringan yang menempel di perangkatmu.

Baca Juga:  DMBP Luncurkan Single Cadangan di Album Pertama “Peluh”

Bahkan Ketika gitarmu jarang digunakan sekalipun membersihkan senar bass 2 atau 3 kali dalam seminggu dengan menggunakan pembersih khusus untuk gitar bass seperti Cleaner String sangat membantu menjaga keawetan gitar kesayangan kalian itu.

Kendurkan Senar Gitar Bass

Hal ini gak kalah penting, mengendurkan senar gitar bass ketika tidak akan dipakai dalam waktu lama dapat mengurangi resiko gitar bass melengkung dibagian neck, hal ini sangat wajar karena beban tarik dari senar bass yang jauh lebih berat dari pada gitar biasa.

Baca Juga:  Musisi Dunia Berdarah Indonesia

Hal ini disebabkan karena senar bass jauh lebih besar diameternya dari senar gitar. Tapi kalau setiap hari mau dipakai ya tidak perlu dikendurkan. Jangan lupa pilih senar gitar bass yang baik supaya neck gitar bass tidak melengkung.

Menyimpan Gitar Bass Pada Tempatnya

Mengapa kita mesti menaruh gitar bass pada tempatnya? karena jika kita misalnya setelah memainkan gitar bass menaruhnya ditempat yang asal-asalan saja tidak menaruh pada tempatnya aman bisa saja mengakibatkan gitar bass kita cepat rusuk lecet.

Baca Juga:  Hyena Ketika Pohon Tua Menari-nari

Supaya gitar bass tak lecet dan rusak saran saya mending Anda dapat beli atau memakai hardcase, namun harga nya begitu mahal sekitar pada 500 ribu – 750 ribu. Hardcase gitar bass dapat bikin nyaman gitar bass lantaran mempunyai bentuk luar yang keras serta mempunyai sisi lembut didalamnya.

Mudahkan? Jadi merawat barang kesayangan terlebih gitar bass itu adalah alat kerja kita, sudah selayaknya mendapatkan perhatian khusus. (Redaksi/DHI/net)