Foto Victor MoriyamaGetty Images
Foto Victor MoriyamaGetty Images

Smashing Pumpkins merayakan 30 tahun album debut “Gish” dengan menggelar siaran langsung selama dua jam. Sabtu, 29 Mei 2021.

Baca Juga:  Soal Album, Ordinary Band Masih Terkendala Waktu

Siaran langsung itu akan berisi sesi tanya jawab, pesta dengar piringan hitam dari album itu dan penayangan dari karya Smashing Pumpkins yang belum pernah dirilis.

Acara itu akan disiarkan langsung dari Madame ZuZu, kedai teh dan camilan vegan milik Billy Corgan yang bertempat di Highland Park, Illinois.

Baca Juga:  Raih Lagu Terfavorit di AMB 2020, Nadia Nevita Sipa Go Nasional

Dikutip dari Detik, Sabtu, 29 Mei 2021 untuk mendapatkan tiket menonton siaran langsung tersebut, harga yang harus dibayar penggemar cukup unik, yakni USD 19,91 atau setara dengan sekitar Rp 285 Ribu. Angka 19,19 dipilih karena Gish rilis pada 1991.

Selain itu, merchandise dari Gish juga akan diperjualbelikan di Madame ZuZu sepanjang akhir pekan.Tidak hanya itu, Smashing Pumpkins juga merilis situs untuk mengenang Gish.

Gish adalah album pertama Smashing Pumpkins yang rilis pada 1991 di bawah Caroline Records. Billy Corgan yang merupakan pentolan dari band tersebut pernah mendeskripsikan Gish sebagai album yang spiritual.

Baca Juga:  Slipknot Tetap Produktif di Tengah Pandemi

Proses rekaman Gish dimulai pada Desember 1990 di Wisconsin dengan Butch Vig sebagai produsernya. Album itu terdiri dari 10 lagu saat pertama kali rilis. Pada 2011, Smashing Pumpkins pernah dirilis ulang.

Pada 2018, Smashing Pumpkins mengumumkan reuni dengan bergabungnya kembali James Iha dan Jimmy Chamberlin. Band yang terbentuk pada 1988 itu kemudian merilis ‘Shiny and Oh So Bright, Vol. 1 / LP: No Past. No Future. No Sun’ di tahun yang sama. Sedangkan di 2020, mereka merilis album berjudul CYR.

 Tentang Smashing Pumpkins

The Smashing Pumpkins dibentuk di Chicago tahun 1988 oleh Billy Corgan (vocal/ guitar), James Iha (guitar), D’arcy Wretzky (bass), Jimmy Chamberlin (drums). The Smashing Pumpkins melepas album pertama mereka GISH tahun 1991. Album ini tidak terlalu sukses di pasaran. Single Rhinoceros yang cukup sering diputar di radio-radio ternyata tidak cukup kuat mengangkat angka penjualan album ini.

Baca Juga:  Cilli in Sicily Rilis Debut I’ll Be Allright, Curhatan untuk Seorang Teman

SIAMESE DREAM yang dirilis 1993 merubah nasib mereka. Album ini berhasil masuk di 10 besar Billboard charts dan terjual lebih dari 4 juta kopi di Amerika Serikat saja. Kabarnya album ini hampir sepenuhnya dikerjakan oleh Billy Corgan selama 4 bulan. Video Clip Today dan Disarm yang sering diputar MTV membuat grup ini mulai dikenal di luar Amerika Serikat.

Baca Juga:  Lamb of God Bikin Tur Tanpa Band Metal

Setelah merilis album ke-5 mereka MACHINA/ THE MACHINES OF GOD, D’arcy Wretzky memutuskan mundur dari The Smashing Pumpkins. Melissa Auf der Maur eks member Hole masuk menggantikan posisi bassist ini. Dengan formasi ini The Smashing Pumpkins sempat merilis 1 album sebelum kemudian membubarkan diri.

Baca Juga:  Drax Project Merombak Hit Single Mereka Bersama Six60

Pertengahan 2005, Billy Corgan mengumumkan bahwa The Smashing Pumpkins akan reuni kembali. Sayangnya hanya 2 anggota awal yang kemudian ikut bergabung dalam formasi reuni ini. Billy Corgan dan Jimmy Chamberlin tidak berhasil mengajak ke-2 anggota lain untuk ikut bergabung lagi. Formasi ini berhasil menelurkan 1 album ZEITGEIST pertengahan 2007 kemarin.

Sumber: Detik – Kapanlagi

Previous articleErik Sondy Rilis Spontaneous Seri ke-2 dari Album Abbey Road Studio Session
Next articleTiang Nu Single, Kode Mabinda Devi untuk Cowok Idamannya?