Bicara Musik

28 Tahun Berkarya, Navicula Rilis Piringan Hitam (Vinyl) Pertama

Navicula Rilis Piringan Hitam (Vinyl) Pertama

promo pembuatan website bulan ini di balihoster

 

INIMUSIK.COM – 28 tahun berkarya akhirnya band asal Bali Navicula merilis album ke-11 “Archipelago Rebels”  dalam format vinyl (piringan hitam).

Vinyl ini memuat 14 lagu, termasuk di dalamnya 3 singles yang telah terbit sebelumnya dan telah dibuatkan video klip yang bisa dinikmati oleh publik di channel YouTube Navicula.

Single-single yang ada di album ini antara lain lagu ‘Dinasti Matahari’, yang video klipnya menuai penghargaan sebagai Video Musik Terbaik di Indonesia oleh AMI (Anugerah Musik Indonesia) Awards 2022.

Baca Juga:  Lagu Bali Populer di YouTube Sepanjang Tahun 2022

Ada single kedua, ‘Kembali ke Akar’, yang rilis tahun lalu dan yang terbaru, single ketiga ‘Cinta yang Tak Biasa’, yang secara resmi dipublikasikan berbarengan dengan perilisan album vinyl ini.





Selain format vinyl dengan kemasan elegan, diterbitkan terbatas (hanya 300 pcs), album special edition ini juga memuat 1 bonus track, lagu ‘History of Tomorrow’, yang hanya ada di album format vinyl.

Lagu ini tidak tersedia di album ‘Archipelago Rebels’ format lain yang telah dirilis sebelumnya, yaitu format CD, kaset, dan platform digital.

Baca Juga:  Ope Siap Sambut Ramadhan, Ucapkan Doa dan Suport

Ini adalah pertama kalinya Navicula merilis piringan hitam, sebagai respon atas desakan fans yang sudah lama menantikan album Navicula dalam format ini.

Disamping itu, karena ingin memenuhi gairah bertumbuh-kembangnya komunitas kolektor dan minat penggemar muda atas rekaman format klasik seperti kaset dan vinyl di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Profil Navicula Band

Berdiri tahun 1996, Navicula digawangi oleh Robi (vokal, gitar), Dankie (gitar), Made (bass), Gembull (drum).



Navicula sendiri terinspirasi dari sebuah ganggang emas dengan sel satu berbentuk kapal kecil yang dalam bahasa latin disebut kapal kecil.

Band grunge cukup melekat pada Navicula dan formasi terkini dari band Navicula adalah Robi (gitar/vokal), Dadang (gitar), Adi (bass) dan Palel (drum).

Baca Juga:  Kenal Lebih Dekat dengan Raja Band Bali

Pada tahun 2004, Navicula sempat teken kontrak dengan Sony-BMG dan melahirkan album ke-4 Alkemis.

Kemudian pada album ke-5 Beautiful Rebel (2007) dirilis secara independen. Album ke-6 mereka yang dirilis pada tahun 2009 berjudul Salto pun dirilis.

Album Navicula

Self Potrait (1999)

K.U.T.A ( Keep Unity Through Art) (2002)

Alkemis (2005)

Beautiful Rebel (2007)

Salto (2009)

Kami no Mori (2012)

Love Bomb (2013)

Tatap Muka (2015)

Earthship (2018)

Archipelago Rebels (2024)

Baca Juga:  Tri Kaya Parisudha Debut Aristya Partami, Siap Ikuti Jejak Sang Kakak

Single

Refuse To Forget (2012), direkam di UC Davis

Ibu (2018)

Dagelan Penipu Rakyat (2018)

Di Balik Layar (2018)

***

ikuti kami di Google News
Shares: