Mendengarkan Musik Tidak akan Merubah Kecerdasan Janian?

 Mendengarkan Musik Tidak akan Merubah Kecerdasan Janian?

ilustrasi by suwattana terawattanaphan/ inimusik

Nah untuk kalian yang mungkin sedang hamil atau memiliki keluarga yang sedang hamil nih, kali ini kami akan membahas tentang manfaat musik untuk perkembangan otak janin.

Melansir dari laman prenagen. Jumat, 29 Januari 2021. Kecerdasan anak dapat dimaksimalkan sejak dini yakni prosesnya dapat dimulai saat janin masih berusia 24 minggu.

Baca Juga:  Menerka Tren Musik di Tahun 2020, Lagu Bali Cari Aman

Suara dari luar melalui air ketuban yang menghantarkan gelombang suara dari luar hingga ke telinga janin. Menurut penelitian, musik dapat mempengaruhi perkembangan otak janin.

Awalnya, musik klasik dianggap musik paling berpengaruh bagi kecerdasan janin, hal Ini disebabkan karena ritmenya dapat menstimulasi otak janin.

Penelitian dilanjutkan dan ternyata hasilnya berkembang. Para peneliti menemukan semua musik memiliki fungsi yang sama. Semua musik baik untuk menstimulasi otak janin. Pop, rock bahkan dangdut pun bisa diperdengarkan pada janin.

Baca Juga:  Billboard Music Awards 2021 Digelar Mei Mendatang

Jadi tidak perlu takut mencobanya karena janin tidak akan mendapatkan pengaruh buruk dari musik yang didengarnya. Musik memang dapat merangsang pertumbuhan otak. Tapi memperdengarkan musik pada janin dalam kandungan tidak berarti akan menambah kecerdasan janin.

Musik hanya akan memaksimalkan pertumbuhan otak dan mendengarkan musik tidak membuat pendengaran janin menjadi lebih peka.

Jika mendengarkan musik kesukaan, bukan hanya membuat rileks. Janin pun akan bisa merasakannya. Tidak perlu memaksakan mendengarkan musik klasik karena hal tersebut justru akan membuat mommy dan janin tidak rileks.

Baca Juga:  Leung: Sabar dan Tekun adalah Kunci Utama

Kalau sang ibu ingin bernyanyi, maka bernyanyilah. Suara ibu malah dapat menenangkan janin, hal ini dapat menjadi awal dari hubungan Ibu dengan anak. Ketenangan ibu ketika hamil sangat penting. Saat mommy stress, pertumbuhan janin juga akan terganggu.

Namun, terlalu sering memberikan janin mendengarkan musik secara langsung melalui headphone di perut bukanlah hal yang tepat. Karena hal ini justru dapat mengganggu ketenangan janin di dalam rahim. Mengapa demikian? Karena di dalam perut ibu terdapat banyak suara.

Baca Juga:  Syarat untuk Menjadi Seorang Manger Band

Ada suara detak jantung, ada suara air yang mengalir dan suara kerja sistem pencernaan. Tambahan suara musik malah dapat membingungkan si janin.

Sekarang ibu sudah tahu mengenai tips Ibu hamil mendengarkan musik yang baik bagi perkembangan otak janin. Tidak hanya musik klasik, musik jenis apa pun ternyata memiliki khasiat yang sama dalam mencerdaskan bayi. (Redaksi/ Dhi/net)